Home » Destinasi » Wisatawan Iran Mulai Melirik Bali untuk Tujuan Wisata

Wisatawan Iran Mulai Melirik Bali untuk Tujuan Wisata

Bali yang menawan bagi wisatawan dunia, termasuk dari Iran akan mulai rutin kunjungannya mulai Oktober karena penerbangan Mahan Air. (TP/Ist)

Tag Pariwisata, Jakarta- Rupanya tren kunjungan wisatawa asal negara-negara di Timur Tengah untuk ke Bali semakin meningkat. Bisa jadi efek dari kedatangan Raja Salman yang sempat meluas kabarnya saat memboyong  1.700 rombonganya berlibur ke Bali.

Pekan lalu tepatnya Sabtu (26/8) pesawat charter Mahan Air, maskapai penerbangan swasta asal Iran  mendarat di Bandar Udara Internasional Ngurah Rai.

Pesawat A340-600 dengan nomor penerbangan W51123 dari Teheran ke Denpasar itu membawa 290 penumpang dan dua bayi (infant). “Bali adalah destinasi pertama di Indonesia yang disasar Mahan Air,” ungkap General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Yanus Suprayogi.

Chater flight Mahan Air beroperasi sekali sepekan yakni setiap hari Sabtu. Baru di bulan Oktober nanti maskapai ini melayani penerbangan reguler.

Yanus menjelaskan, tren peningkatan wisatawan asal Timur Tengah sangat terasa pascakunjungan Raja Salman ke Bali. Bahkan pihaknya mencatat kenaikan mencapai dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Jumlah peningkatan yang terbilang fantastis.

“Jumlahnya sudah 35 ribu penumpang hingga Juli 2017. Lebih tinggi dibanding tahun 2016 sebesar 17 ribu penumpang,” jelas Yunus.

PT Angkasa Pura I sendiri sebelumnya menyatakan komitmenya mempercepat pengembangan dan penambahan fasilitas operasional. Hal tersebut guna meningkatkan potensi wisatawan mancanegara ke  Bali.
Adapun penambahan fasilitas operasional yang dijanjikan adalah penambahan 11 tempat parkir pesawat serta 40 check-in counter.

Dengan penambahan fasilitas tersebut tentunya akan membuat kapasitas Bandar Udara Internasional Ngurah Rai semakin besar dalam melayani penumpang.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sudah menduga bahwa pariwisata Indonesia semakin nge-hits setelah kedatangan Raja Salman. Semua industri, baik dari arilines, travel agent dan tour operator, semuanya jadi ramai membuat paket perjalanan untuk wisatawan dari negara-negara di Timur Tengah ke Bali.

“Termasuk efeknya hingga ke wisman dari Iran. Seperti Raja Salman dan rombongan, mereka pasti akan terbuai dengan keindahan Bali,” ujar Menpar Arief Yahya.

Bahkan lebih jauh Menpar mengatakan, industri dapat membuka peluang yang lebih besar dengan menjual destinasi lainya seperti Lombok, NTB dan Aceh. Ketiga destinasi tersebut sudah diset dengan konsep Muslim Friendly. Terlebih Lombok yang memborong tiga penghargaan di ajang “World Halal Tourism” tahun 2016 lalu.

Dengan kehadiran penerbangan langsung dari Iran ini, Menpar Arief Yahya optimistis target 340 ribu wisman dari Timur Tengah atau naik sebesar 13,3 persen dari target kunjungan di tahun 2016 yang sebesar 300.000 orang dapat tercapai.***

Tag Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Makin Mudah Saja ke Danau Toba, Batik Air Akan Terbang ke Silangit

Tag Pariwisata, Jakarta- Maskapai Batik Air akan segera terbang ke Bandara Silangit dari Bandara Internasional ...