Home » Destinasi » Wisata Adventure Murah Meriah, di Desa Wisata Nglinggo Kulonprogo Tempatnya

Wisata Adventure Murah Meriah, di Desa Wisata Nglinggo Kulonprogo Tempatnya

Melkey Binara, pemilik homestay Rimbono menunjukkan kegiatan adventure yang ditawarkan untuk wisatawan bila mengunjungi Desa Wisata Nglinggo Kulonprogo (TP/Ist)

Tag Pariwisata, Samigaluh Kulonprogo- Jika ke Desa Wisata Nglinggo  di Desa Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, tempat bermalam yang ‘recommeded‘ adalah di Rimbono home stay. Tempatnya cukup nyaman. Arsitekturnya juga cukup menawan untuk sebuah penginapan di desa kecil tersembunyi di Kulonprogo.

Cukup 3 hari 2 malam tinggal di sana dan rasakan kesan indah tak terduga setelahnya. Yang membuat hari terasa cepat berlalu di sana adalah kegiatan wisata yang disajikan. Paket tur disusun dari ide Melkey Binara pemilik  Nglinggo Adventure Hill, dan Rimbono homestay yang memang gemar off-road dan telah malang melintang bekerja di perusahaan angkutan. Paket tur nya merupakan minat  khusus bagi mereka yang suka petualangan dan menguji adrenalin antara lain menyusuri track road meggunakan mobil Jeep 4×4.

Wisatawan yang datang ke desa wisata Nglinggo dan berminat pada atraksi khusus itu tidak hanya dari dalam negeri. Wisatawan seperti dari Jerman, Malaysia, Jepang kadang mampir ke homestay-nya menikmati perbukitan yang menjadi kontur wilayah yang dominan di sana.

“Awalnya tahun 2014, track-nya itu tidak untuk wisata, hanya untuk senang-senang saja. Kebetulan banyak tamu yang menginap ingin mencoba dan akhirnya mereka menyebarkan via sosial media. Sampai akhirnya resmi diperuntukan untuk wisata sejak 2015,” ujar Melkey Binaro saat menemani tim Tag Pariwisata menyusuri track road  Desa Wisata Nglinggo Magelang, pekan lalu (5/11).

Terdapat dua macam Off Road yang di tawarkan, Fun Off Road yaitu Off Road mengelilingi tempat wisata atau semacam safari. Off Road jenis ini tergolong menyenangkan dan belum memacu adrenalin. Yang kedua, ada Extream Off Road yaitu menjelajahi alam melalui area Off Road yang disediakan, Off Road jenis ini dikatakan extrem karena sangat memacu adrenalin.

Melkey yang juga berperan selaku, Koordinator Pemasaran Desa Wisata Nglinngo menyusun paket menarik untuk menikmati alam Nglinggo menggunakan Jeep. Paket Jeep dibagi menjadi beberapa kategori. Mulai dari yang terpendek hingga seharian offroad di hutan.

Ada empat rute yang dimiliki, rute pendek dengan ke Bukit Ngisis, lalu nikmati kebun teh. Biayanya juga hanya 200 ribu per jeep kapasitas 3 orang. Rute sedang jarak tempuh selama 2-4 jam, biaya aekitar harga 500 ribuan. Sedangkan rute panjang jarak tempuh antara 4-6 jam dengan harga 700 ribu. Serta paket ekstrim menyusuri hutan pinus seharian.

“Paket yang paling diminati paket ketiga, setiap hari Sabtu dan Minggu sudah pasti ada yang booking, ada juga yang dari perusahaan dan bank. Jika pemesannya banyak, kami juga punya club yang total memiliki 70 armada jeep,” ujar Melkey.

Karakteristik track offroad-nya sendiri di jamin seru. Mulanya jeep masuk menyusuri hutan dengan jalur yang tepat dengan badan mobil saja, lalu bertemu dengan tanjakan tujuh. Tanjakan dengan seperti angka tujuh. Setelah melintas tanjakan 7, lalu mobil melintas dengan track miring, yang membuat anda berdebar menyusurinya.

Ada juga tanjakan patriot yang memiliki sudut kemiringan 45 derajat. Tidak hanya itu, saja, anda harus pasrah kepada driver off road , sebab Turunan Pasrah siap dilibas mobil. Disebut turunan pasrah, karena jika musim hujan sudah pasti licih dan harus pasrah.

“Waktu terbaik bisa kapan saja. Tetapi jika yang ingin memacu adrenaline lebih tinggi lagi datang pada saat musim penghujan. Sensasi nya semakin luar biasa, karena tracknya semakin licin semakin menantiang terlebih di turunan pasrah, saya saja sampai drodog (deg-degkan),” ucapnya.

Melkey berharap  kedepannya Jeep-jeep tidak perlu mengundang dari tempat lain. Pemuda-pemuda desa di sini bisa mengambil jeep sendiri. “Caranya. jika gak punya uang bisa utang ke bank. Syukur-syukur pemerintah mau memfasilitasi supaya pemuda dan masyarakat di sini bisa lebih mandiri,” pungkasnya.

Nah untuk paket menginapnya  Rimbono Homestay menawarkan tempat menginap yang menyenangkan. Terdapat 55 Kepala Keluarga yang mempunyai homestay di sini, harganya tergantung penawaran ke tuan rumah masing-masing. Rimbono Homestay sendiri mempunyai 10 kamar dengan kisaran harga 250 – 300 ribu/malam. ***

Tag Facebook
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Makin Mudah Saja ke Danau Toba, Batik Air Akan Terbang ke Silangit

Tag Pariwisata, Jakarta- Maskapai Batik Air akan segera terbang ke Bandara Silangit dari Bandara Internasional ...

Share