Home » Pariwisata » Sulteng Undang Wisatawan Lewat Tiga Even Tingkat Nasional Ini

Sulteng Undang Wisatawan Lewat Tiga Even Tingkat Nasional Ini

Tag Pariwisata, Jakarta- Komitmen pemimpin daerah di Sulawesi Tengah sangat tinggi terhadap pariwaisata. Meski wilayah ini sempat luluh lantah oleh bencana tsunami tahun lalu khususnya di Palu, Donggala dan Sigi, tahun ini provinsi yang dipimpin Longki Djanggola justru meningkatkan jumlah penyelenggaraan event yang awalnya hanya 8 even sepanjang tahun kini menjadi 30 even di 13 kabupaten/kotako Tiga even diantaranya merupakan even nasional yang didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Ketiga event yang masuk Calendar of Event (CoE) 2019 yakni Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT) akan berlangsung di Pantai Kayubura (lokasi Sail Tomini 2015) Kabupaten Parigi Moutong pada 19 – 23 April 2019, Festival Pulo Dua akan berlangsung di Kecamatan Balantak Utara, Kabupaten Banggai pada 25-28 Juli 2019, serta Festival Danau Tektonik Poso (FDTP) akan berlangsung di Danau Poso, Tentena pada 26-30 Agustus 2019. Festival budaya yang digelar sejak 1989.

Hal tersebut terungkap saat peluncuran Calender of Event Sulawesi Tengah 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kemenpar, Jumat malam (5/4/2019).

Staf Ahli Menteri (SAM) Bidang Multikultural sekaligus  Ketua Pelaksana 100 Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2019, Esthy Reko Astuti mengungkapkan bahwa even yang digelar di Sulteng ini tak lain adalah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Seperti diketahui pada 2018, Sulteng dikunjungi 25.741 wisatawan mancanegara (wisman) dan 3.4321.178 wisatawan nusantara (wisnus).

Dampaknya provinsi ini memang harus berbenah diberbagai aspek pendukung misalnya bandara internasional yang memungkinan  penerbangan langsung dengan waktu tempuh 2-3 jam. Sementara bila melalui jalan darat ke Ampena berjarak 375 km ditempuh dalam waktu sekitar 10 jam.

Rencananya, konektivitas pelayaran akan menghubungkan 6 provinsi yang ada di Sulawesi, sedangkan transportasi darat nantinya akan terkoneksi melalui percepatan pembangunan jalur kereta api Trans-Sulawesi. Di sisi lain pelabuhan termasuk sarana dan sistem transportasi yang menghubungkan titik-titik destinasi pariwisata di Sulawesi.

Sementara itu untuk konektivitas udara, Sulteng terhubung dengan penerbangan antar kabupaten/kota melalui 7 bandara yang dimiliki, 2 bandara di antaranya yakni Mutiara Sis Al Jufri di Kota Palu dan Syukuran Aminuddin Amir di Luwuk Kabupaten Banggai yang bisa didarati pesawat berbadan lebar jenis Boeing 737.

Bahkan Pemerintah daerah bersama stakeholder pariwisata Sulteng sedang mengupayakan agar Bandara Mutiara Sis Al Jufri dinaikkan statusnya dari saat ini sebagai bandara domestik menjadi bandara internasional.***

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Optimal Terapkan Hospitality, Leebong Island Berhasil Jadi Tempat Wisata Hits di Belitung

Tag Pariwisata, Jakarta- Liburan di pulau bisa jadi membuat tamu mati gaya tanpa guide yang ...