Home » Destinasi » Robert Muller Berhasil Catat Waktu Tercepat Etape I TDS 2017

Robert Muller Berhasil Catat Waktu Tercepat Etape I TDS 2017

Para peserta antusias mengikuti TDS 2017 yang melahirkan juara asal Jerman di etape pertama. (TP/Ist)

Tag Pariwisata, Jakarta- Balap sepeda Tour de Singkarak 2017 etape pertama dari Istano Basa Pagaruyung, Tanah Datar menuju Padang, Sabtu (18/11) usai sudah dan pebalap asal Jerman dari tim Embrace The World Cycling, Robert Muller menjadi pebalap tercepat masuk finis di Pantai Cimpago Kota Padang dengan waktu 02:32:48.

Pebalap Jerman dengan nomor start 122 ternyata mampu menapaki sukses kejuaraan yang baru pertama kali diikutinya setelah bersaing ketat dengan dua pebalap di belakangnya yang terus menempel saat melaui 109,3 km rute lomba.

Dan pebalap asal Thailand, Paerapol Chawchiangkwang dengan catatan waktu yang sama dan pebalap Indonesia yang memperkuat KFC Cycling Team, Jamal Hibatulloh dengan catatan waktunya lebih lambat empat detik melasing-masing menjadi juara ke dua dan tiga.

“Saya cukup senang bisa meraih hasil terbaik disini. Apalagi saya baru pertama kali ke Sumatera Barat. Perjalanan dari start hingga finis cukup menyenangkan,” kata Robert Muller saat dikonfirmasi usai balapan.

Kejuaraan yang masuk kalender UCI dengan level 2.2 ini memang penuh dengan tantangan. Di sepanjang perjalanan semua pebalap disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Petualangan etape itu dimulai dari salah satu ikon Sumatera Barat yaitu Istano Basa Pagaruyung. Lalu air terjun yang indah di Lembah Anai posisinya persis di samping lintasan yang dilalui pebalap dari 29 negara itu.

Bagusnya panorama selama dalam perjalanan, ternyata membuat semangat pebalap meningkat. Terbukti setelah dilepas langsung tancap gas. Bahkan, pebalap terpecah dalam beberapa rombongan dan kondisi tersebut terjadi hingga finis.

Sementara itu pebalap Indonesia, Jamal Hibatulloh usai menerima medali menyatakan senang mengikuti balapan pertama di TdS.”Saya juga cukup senang di balapan pertama saya di TdS. Semoga hasil etape pertama ini bisa memacu semangat untuk meraih hasil yang lebih baik untuk etape-etape berikunya,” katanya

Dengan hasil tersebut, pebalap yang diincar untuk memperkuat timnas Indonesia pada Asian Games 2018 itu berhak memegang red jersey atau sebagai predikat pebalap Indonesia tercepat pada balapan dengan total hadiah Rp2,3 miliar itu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengucapkan selamat kepada pebalap Jerman Robert Muller yang berhasil menjuarai etape 1 Tour de Singkarak 2017, dan berharap bisa menjadi berita menarik bagi penggemar di negaranya.

“Saya berharap para atlit sepeda Internasional ini bisa mengkabarkan di negaranya tentang Tour de Singkarak, khususnya alam dan budaya Minangkabau. Tentunya ini jadi alat promosi pariwisata yang efektif, terlebih ketika dia juara maka media di negaranya akan mempublikasikannya,” ujar Menpar.

Penyerahan hasil serta plakat pemenang etape pertama TdS 2017 itu diberikan langsung oleh Walikota Padang yang didampingi oleh perwakilan Kementerian Pariwisata serta para pendukung kejuaraan balap sepeda yang sudah masuk edisi ke sembilan ini.

“Untuk tahun ini Padang mendapatkan satu kali finis dan satu kali dilintasai balapan etape dua dari Panian ke Sawahlunto. Kami mohon maaf jika besok ada beberapa jalan yang ditutup. Yang jelas kami menunggu pelaksanaan TdS 2018,” kata Walikota Padang. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo.

Setelah menyelesaikan etape pertama, semua pebalap yang finis akan melanjutkan balapan ke etape dua dari Paninan Pesisir Selatan menuju Sawahlunto, Minggu (19/11) dengan jarak tempuh 156 km. Etape ini dinilai cukup berat karena kombinasi jalan datar dan tanjakan yang cukup tinggi.***

Tag Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wisata Adventure Murah Meriah, di Desa Wisata Nglinggo Kulonprogo Tempatnya

Tag Pariwisata, Samigaluh Kulonprogo- Jika ke Desa Wisata Nglinggo  di Desa Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, ...