Home » Destinasi » Woww Pulau Belitung Diusulkan Jadi Kawasan Wisata Geopark Berskala Internasional

Woww Pulau Belitung Diusulkan Jadi Kawasan Wisata Geopark Berskala Internasional

BELITUNG –Pulau Belitung punya pantai dengan batu-batu besar, dengan keragaman fenomena geologi, keragaman biologi budaya. Semua persyaratan menjadi UNESCO Global Geopark (UGG)sudah dimiliki pulau Belitung.

Magnetnya pulau Belitung berupa  batuan granit besar yang tersebar luas di seluruh pulau Belitung. Juga batuan bertekstur porfiritik, Mineral kuarsa, ortoklas, plagioklas, biotit, dan hornblende, Yang warnanya abu abu berbintik hijau dan hitam, Kehijau hijauan dan kemerah merahan, Batuan beku yang mempunyai kristal kristal kasar, Batuan sedimen khas berupa red sandstones, quartzitic, metamorphosed. Semua ada di Belitung. Dan fenomena ini, hanya bisa ditemukan di dua tempat di dunia. Pertama pulau Belitung. Satunya lagi kepulauan Seychelles, Afrika Tengah. Pulau Belitung sudah lengkap. Ada potensi besar di dalamnya. Kalau kita masuk ke dalam jejaring geopark internasional hasilnya pasti luar biasa.

Saat ini, tim Pokja Percepatan 10 Bali Baru yang berada di bawah koordinasi Hiramsyah Syambudhi Thaib itu juga tengah mempersiapkan pulau Belitung membangun Kawasan Wisata Geopark berskala internasional yang diakui UNESCO. Beberapa tokoh geologi seperti Dyah Erowati ITB 81 dan Oman, Ahli  Geopark Kepala Museum Geologi Bandung berada di tim ini.

“Itu sebabnya Belitung diusulkan menjadi Geopark International,” terang Larasati, PIC Destinasi Tanjung Kelayang Pokja Percepatan 10 Bali Baru Kemenpar (13/10).
Beberapa langkah telah dilakukan pada 2 September 2016 silam, sudah ada MoU antara Bupati Belitung dengan Alumni ITB 81 sebagai inisiator. Dalam perjalanannya, tim Persiapan Geopark didukung Museum Geologi Bandung, Gapabel, SGS, BUMD, Pemkab Belitong dan Pemkab Belitong Timur.

Selanjutnya mempresentasikan Geopark Belitung pada Konferensi Internasional UNESCO Global Geopark Network (GGN) di Torquat, Inggris, akhir September 2016. Beragam keragaman fenomena geologi, biologi, dan budaya Belitung dipresentasikan. Semua diperkenalkan. Desember 2016 nanti, UNESCO memastikan akan ada kunjungan dari salah satu expert geopark/assesor dunia ke Belitung. Dan tahun 2017, diharapkan usulan sudah bisa disampaikan ke tingkat nasional. Setelah itu, tahun 2018 bisa naik ke UNESCO. “Geopark di Belitung bukan hanya satu Kabupaten saja, tapi seluruh pulau Belitung. Jadi ke depannya, Belitung bukan hanya Kawasan Ekonomi Khusus, tapi juga akan didorong menjadi Wisata UNESCO Global Geopark (UGG),” tambah Larasati.***
 

Tag Facebook
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Makin Mudah Saja ke Danau Toba, Batik Air Akan Terbang ke Silangit

Tag Pariwisata, Jakarta- Maskapai Batik Air akan segera terbang ke Bandara Silangit dari Bandara Internasional ...

Share