Home » Pariwisata » Promosikan Wisata Belitung, Festival Tanjung Kelayang 2018 Resmi Dibuka

Promosikan Wisata Belitung, Festival Tanjung Kelayang 2018 Resmi Dibuka

Tag  Pariwisata, Belitung- Masyarakat Belitung mulai hari ini hingga 19 November mendatang siap menyambut kunjungan wisatawan dalam gelaran Festival  Tanjung Kelayang 2018.

Acara dipusatkan di  pantai Wisata Tanjung Kelayang, menampilkan berbagai kegiatan mulai Parade Pelangi Budaya, Fashion show Batik Daerah, Fun run on the Beach, Bersih Pantai, Lomba lari 10 K, Lomba Vlog Pariwisata. Selain itu ada  Pagelaran kesenian, Lomba layang-layang, Seminar Geo Park, Kolaborasi Musik Tradisional dan Modern, Festival Kuliner, Pameran Produk KUKM, Workshop dan Seminar Kebaharian. Ikut berpartisipasi pada acara expo antara lain Pemkot Pekalongan, Pemkab Bekasi selain beberapa desa wisata yang ada di Belitung.

Dalam sambutannya Bupati Belitung Sahani Saleh mengungkapkan pada acara pembukaan Festival Tanjung Kelayang, Kamis ( 15/11) bahwa Belitung siap menjadi tuan rumah bahkan untuk  event berskala internasional.” Tahun depan harapannya partisipasi acara Festival Tanjung Kelayang meluas, semoga tahun depan mendunia, ” kata Sahani Saleh.

Tahun depan rencananya akan  digelar  5 event internasional. Salah satunya triatlon pada  15 Juli 2019, dan festival Geopark yang akan dihadiri wisman dari Hainan China.Khusus untuk Triathlon, tahun depan bahkan Liaison Officer dari Singapura, dan China sudah melakukan survey ke Belitung dan  siap mendatangkan 2000 peserta.

Sementara itu Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Pembangunan Provinsi Bangka Belitung, Hasanuddin menyambut baik gelaran Festival ini karena banyak memberi pengaruh positif bagi daerah Belitung khususnya  dan provinsi Bangka Belitung pada umumnya. “Festival ini bertujuan memperkenalkan kabupaten Belitung dan provinsi Bangka Belitung sebagai destinasi bahari baru nasional dan dunia. Harapanya acara seperti ini digelar lebih kreatif ,menggema secara nasional dan dunia sehingga menjadi daya tarik tersendiri, ” ungkap Hasanuddin.

Anggota Tim 10 Destinasi Tim Percepatan Prioritas Kementerian Pariwisata, Larasati Setyaningsih membuka Festival Tanjung Kelayang  yang dahulu dikenal sebagai festival Laskar Pelangi. Festival ini merupakan satu dari 127 event yang didukung Kementerian Pariwisata tahun 2018.

Larasati mengungkapkan dengan antusias bahwa Pariwisata pulau Belitung kini telah memberikan kontribusi  43% PAD nya. ” Pertumbuhan wisatawan manca negara mencapai 83% sedang wisnus 11%. Wisatawan ke Belitung 380.941 orang meningkat 30%, sedangkan pertumbuhan pariwisata pada umumnya  22%. Jadi pertumbuhan wisata Belitung ini sangat baik, ” ungkap Larasati.

Larasati menambahkan bahwa dipilihnya Festival ini dalam 100 kalender event telah  melalui seleksi dan kurasi , marketer, budayawan, dan koreografer. Tujuan diadakan acara ini adalah sebagai promosi wisata, menyebarkan informasi wisata agar meningkat wisatawan ke Belitung.

Terakhir Larasati mengatakan dikeluarkanya PP No 50 th 2011 RIPPARNAS , tentang ditetapkannya TanjungKelayang  sebagai KSPN dan
Perpres No 6 th 2016, yang menetapkan Tanjung Kelayang sebagai KEK Pariwisata, pertumbuhan wisata Belitung wajar sedemikian tingginya. Semua bisa  terwujud dengan kerja sama pentahelix dan memperhatikan 3A (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas).***

 

 

Tag Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ke Belitung, Jangan Dilewat Cicipi Menu Khasnya di Restoran Ini

Tag Pariwisata, BELITUNG- Makanan khas seafood yang kaya rasa dan pas di lidah kebanyakan orang ...