Home » Destinasi » Meriah, Menteri Pariwisata Resmikan Taman Air Mancur Sribaduga Purwakarta

Meriah, Menteri Pariwisata Resmikan Taman Air Mancur Sribaduga Purwakarta

IMG-20170219-WA0005

Menpar Arief Yahya membunyikan sirine tanda kembali dibuka resmi Taman Air Mancur Sribaduga Purwakarta. Foto:Ist

Tag Pariwisata, Purwakarta – Riuh gemuruh masyarakat Purwakarta memecah kegelapan malam suasana Taman Air Mancur Sribaduga  saat menyaksikan atraksi air mancur berjoget di Taman Sribaduga semalam.

Atraksi itu dipertunjukkan usai dibukanya kembali secara resmi Taman Air Mancur Sribaduga oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Sabtu (18/2). Sebelumnya Taman Air Mancur ini ditutup sejak Juni 2016 karena ada beberapa penambahan spot atraksi termasuk kursi yang mengitari Taman Air Mancur seluas sekitar 2 hektar itu, sehingga mampu menampung 5 ribu penonton.

Acara semalam selain mempertunjukkan atraksi air mancur selama sekitar 20 menit non stop, juga menampilkan pertunjukan kesenian berupa drama tari, musik, dan diramaikan dengan kehadiran artis ibukota Charly Van Houten, Emka 9, serta tarian kolosal.

Peresmian Taman Air Mancur ditandai dengan bunyi sirine yang dinyalakan Bupati Dedi Mulyadi dan Menpar Arief Yahya.

Taman Air Mancur yang di klaim terbesar di Asia Tenggara ini akan menjadi ikon pariwisata Purwarkata favorit, yang sudah dikenal sebagai kota dengan  1.000 taman.

“Saya menyambut baik kehadiran Taman Air Mancur Sribaduga. Fasilitas ini dapat dinikmati oleh masyarakat secara gratis. Ini tentu akan meningkatkan kualitas hidup serta kebahagian masyarakat Purwakarta,” kata Menpar Arief Yahya.

Sementara itu Dedi Mulyadi mengungkapkan bahwa  membangun Indonesia tidaklah mungkin  bila tidak berangkat dari budaya. “Berangkat dari budaya Sunda, ada Cimahi hingga Cisaat, maka di kota Purwakarta hadir air di tengah kota dalam bentuk air mancur yang megah ini, hasil kreativitas putra daerah,” ungkap Dedi. Menurutnya lagi kehadiran Taman Air ini  selain membuat bahagia warganya juga menggerakkan ekonomi masyarakat.

Air Mancur Taman Sri Baduga merupakan pengembangan dari Situ Buleud yang dibangun sejak 2013 dan mulai diresmikaan tahap pertama pada Januari 2014. Keberadaan Taman Sri Baduga ini melengkapi taman tradisional lain yang hadir di Purwakarta seperti Taman Pesanggrahan Padjajaran sampai dengan taman modern Taman Wakuncar sehingga menambah Pesona Purwakarta.

IMG-20170219-WA0003

Salah satu atraksi air mancur di Taman Air Mancur Sribaduga Purwakarta, saat kembali diresmikan Sabtu (18/2). Foto:Ist

Air Mancur Taman Sri Baduga diperindah dengan patung Prabu Kian Santang, anak Prabu Siliwangi atau Sri Baduga. Patung itu dibuat dengan posisi duduk dan kaki bersila bersama bunga lotus besar. Di sekeliling patung ada dua ribu semprotan air mancur yang menari mengikuti irama musik serta ornamen pewayangan. Untuk menarik para pengunjung taman tersebut dilengkapi dengan fasilitas air siap minum serta boot untuk para penghobi berfoto selfie.***

Tag Facebook
Share

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Makin Mudah Saja ke Danau Toba, Batik Air Akan Terbang ke Silangit

Tag Pariwisata, Jakarta- Maskapai Batik Air akan segera terbang ke Bandara Silangit dari Bandara Internasional ...

Share