Home » Destinasi » Menyaksikan Atraksi Air Mancur Terbesar di Asia Tenggara Cukup ke Purwakarta

Menyaksikan Atraksi Air Mancur Terbesar di Asia Tenggara Cukup ke Purwakarta

air mancur terbesar di Asia tenggara, air mancur sribaduga

Atraksinya dipercantik dengan pencahayaan lima warna dominan yang menggambarkan tentang keragaman dalam Bhineka Tunggal Ika dan falsafah Pancasila. Foto: Ist

Tag Pariwisata, Purwakarta – Air mancur terbesar di Asia Tenggara ada di Purwakarta, namanya Taman Air Mancur Sri Baduga atau Situ Buleud dan telah menjadi ikon pariwisata Purwakarta sebagai destinasi 1.000 taman.

Pertunjukan aneka cahayanya dengan mudah dapat disaksikan setiap malam Minggu, pukul 19.30 WIB hingga pukul 22.30 WIB, tanpa dipungut biaya.

Selain malam minggu, kawasan Situ Buleud pun akan dibuka untuk umum setiap harinya, pada pagi hari mulai pukul 05.00 WIB hingga 09.00 WIB berbarengan dengan waktu olah raga masyarakat. Dan malam hari kawasan tersebut dibuka sejak pukul 17.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Namun di hari biasa air mancur akan menyembur biasa.

Air mancur yang dibangun tahun 2013 itu kemarin (6/1/17) resmi diluncurkan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

“Tekad Pemkab Purwakarta meningkatkan unsur 3 A (Atraksi, Amenities, dan Aksesibilitas) akan membuahkan hasil dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke daerah ini. Kunjungan wisatawan ke Purwakarta per November 2016 sebanyak 903.885 (terdiri 1.280 wisman dan 902.605 wisnus) mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” kata Menpar Arief Yahya menurut keterangan persnya.

Kunjungan wisman ke Purwakarta pada Januari-November 2016 sebesar 10.405.947 atau meningkat sebesar 10,46% dibandingkan periode yang sama tahun 2015 sebanyak 9.420.240 wisman.

Posisi Purwakarta yang relatif dekat dengan Jakarta dan Bandung menurut Dedi Mulyadi tentu berpeluang besar menarik lebih banyak lagi kunjungan wisman dan wisnus.  Diresmikannya Air Mancur Taman Sri Baduga diharapkan mendapat dukungan dari Kemenpar dalam hal promosi Kabupaten Purwakarta sebagai destinasi wisata yang layak dikunjungi dengan ikon air mancur terbesar di Asia Tenggara itu.

Air Mancur Taman Sri Baduga merupakan pengembangan dari Situ Buleud yang mulai diresmikaan tahap pertama pada Januari 2014. “Keberadaan Taman Sri Baduga ini melengkapi Purwakarta sebagai destinasi 1.000 taman dari yang tradisional seperti Taman Pesanggrahan Padjajaran sampai dengan taman modern seperti Taman Wakuncar,” tukas Dedi Mulyadi. ***

Tag Facebook
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Makin Mudah Saja ke Danau Toba, Batik Air Akan Terbang ke Silangit

Tag Pariwisata, Jakarta- Maskapai Batik Air akan segera terbang ke Bandara Silangit dari Bandara Internasional ...

Share