Home » Pariwisata » Menpar Arief Yahya Ajak Stakeholder Pariwisata’Go Digital Be The Best’

Menpar Arief Yahya Ajak Stakeholder Pariwisata’Go Digital Be The Best’

JAKARTA — Go Digital, jurus inilah, yang akan dibahas ratusan stakeholder pariwisata nasional pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Ke-3 Pariwisata 2016 di Ecovention, Ecopar Ancol, Jakarta, 15-16 September 2016.

Berlokasi di Ecovention, Ecopar Ancol, tema “Go Digital Be The Best” itu akan diangkat menjadi new hope Wonderful Indonesia untuk naik panggung sebagai the best digital marketing in the world. Nomor satu di dunia, menyentuh semua orang di muka bumi. Dan yang utama, Wonderful Indonesia harus tumbuh dan menyalip dua rival utama, Malaysia Truly Asia dan Amazing Thailand.

Pertanyaannya apakah itu mungkin direalisasikan dengan cara digital? Bukankah saat ini Wonderful Indonesia kalah Size, Sustainability dan Spread dari Amazing Thailand? Kalah size dan spread dari Malaysia? Dengan Negeri Jiran Malaysia, Indonesia hanya unggul sustainable yang tumbuh 10,3%. Sementara sustainable Malaysia minus 15%.

Soal ini, Menpar Arief Yahya mengaku yakin dengan jurus Go Digital-nya. Salip menyalip teknologi aplikasi, kejar mengejar kecepatan komunikasi data hingga kompetisi menyediakan content terbaik, sudah sering dilakoni Arief Yahya saat bertahun-tahun menakhodai PT Telkom yang bergerak di sektor telekomunikasi itu. Rasa optimism pun terbangun. Dia mengaku makin confidence, makin yakin, bahwa semakin digital semakin personal. Semakin digital semakin global.

Semakin digital semakin professional. “Akan saya buktikan penggunaan digital itu akan membuat pariwisata Indonesia melompat lebih tinggi,” ungkapnya.
Menpar Arief Yahya sangat confidence, bisa menyalip di tikungan digital. Sebagai orang yang berlatar belakang teknologi digital dia yakin, hanya dengan cara digital, pariwisata Indonesia bisa melompat melewati rival-rivalnya. Karena itu di forum Rakornas ini, spirit Go Digital akan ditegaskan lebih kuat lagi.

Dalam memenangkan customers itu ada tiga skenario yang akan dijalankan Menpar Arief Yahya. Yakni retaining your customers, ecquiring your customers dan Winning the future customers.

Retaining your customers, menyangkut moment of truth, bagaimana memberi kesan pertama wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia. Ini terkait dengan pelayanan di Imigrasi. Wajah Indonesia itu ditentukan oleh bagaimana wajah para petugas Imigrasi melayani turis sebagai customers atau pelanggan yang akan menambah pundi-pundi devisa dan diterima di dalam negeri.***

 

Tag Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pasca Gempa Lombok, Restoran Cepat Saji Ini Berikan Bantuan pada Pengungsi

Tag Pariwisata, Jakarta–Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pasca gempa 7SR di Lombok Nusa Tenggara ...