Home » Destinasi » Mandiri Jakarta Marathon 2017 Siap Digelar Ini Beda Pelaksanaanya dari Tahun Lalu

Mandiri Jakarta Marathon 2017 Siap Digelar Ini Beda Pelaksanaanya dari Tahun Lalu

Suasana jumpa pers Mandiri Jakarta Marathon 2017 di Jakarta Rabu (18/10). (TP/Ist)

Tag Pariwisata, Jakarta- Sebanyak 16.000 pelari telah terdaftar sebagai peserta, bahkan lebih dari 1.585 adalah pelari asing yang datang dari 50 negara, dan wisnus sebanyak 2.783 luar Jabodetabek,pada ajang lomba Mandiri Jakarta Marathon. 2017 (MJM). Perhelatan  dengan total hadiah Rp 774 juta ini merupakan lomba lari terbesar di Indonesia ini akan kembali digelar pada hari Minggu, 29 Oktober 2017 oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama promotor Inspiro.

Harapannya Mandiri Jakarta Marathon 2017 akan mendongkrak kunjungan wisatawan dan menjadi penggerak ekonomi sekaligus melejitkan pamor Jakarta sebagai destinasi “sport tourism” kelas dunia, sebagaimana kota Boston, Paris, Berlin atau Tokyo.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja dengan sistem, menyeluruh dan konsisten. Prinsip tersebut sejalan dengan filosofi marathon yakni kecepatan, napas panjang, kerja sama tim dan persiapan.

Memasuki penyelenggaraan tahun ke-5, beberapa hal baru diperkenalkan dan inovasi olahraga marathon terus dilakukan. Penyempurnaan dan pembenahan infrastruktur guna menempatkan Jakarta di jajaran kota marathon kelas dunia terus dilakukan, antara lain program live streaming full marathon 42,195 km selama sekitar 2,5 jam, penyediaan fasilitas Mandiri Jakarta Marathon virtual run dan peluncuran theme song Mandiri Jakarta Marathon.

Tayangan live streaming dimaksudkan agar masyarakat pencinta olah raga marathon dapat mengikuti dan menikmati sensasi serunya kegiatan MJM 2017 secara real time dan ditayangkan ke seluruh pelosok nusantara bahkan dunia. Melalui Virtual Run,bagi para pecinta marathon yang tidak dapat hadir di MJM 2017 dapat juga berlomba di wilayah daerah masing-masing dan mendapatkan amenitis yang berlaku dengan menggunakan teknologi Virtual Run Mobile Apps.
Sedangkan untuk peluncuran theme song MJM berjudul “Kuberlari”, penyelenggara menggandeng Albert Juwono (Djoo), seorang komposer jingle iklan dan produser musik ternama yang berkolaborasi dengan penyanyi Alina. Single Kuberlari diciptakan sebagai wujud kecintaan pada olah raga. Terutama dari pengaruh positif yang bisa didapatkan dalam menghadapi tekanan kehidupan modern saat ini.
Masih mengambil lokasi start dan finish di Monas, Mandiri Jakarta Marathon 2017 akan melombakan 5 (lima) nomor lari, yaitu;
Marathon dengan jarak tempuh 42,195 KM, flag off start pada pkl. 05:00 WIB
Half Marathon dengan jarak tempuh 21 KM, flag off start pada pkl. 05:10 WIB
10K dengan jarak tempuh 10 KM, flag off start pada pkl. 05:25 WIB
5K dengan jarak tempuh 5 KM, flag off start pada pkl. 05:40 WIB
Maratoonz (Children’s Sprint), flag off start pada pkl. 08:00 WIB.

Mandiri Jakarta Marathon 2017 dapat semakin menyulut semangat para runners Indonesia dan dunia untuk berlomba dengan semangat pantang menyerah. Walaupun jalanan kota Jakarta sedang dalam proses pembangunan yang masif terkait persiapan infrastruktur sebagai Tuan Rumah Asian Games 2018 dan berbagai kendala lainnya, penyelenggara terus berjuang untuk mempersembahkan yang terbaik melalui berbagai inovasi dan terobosan yang dilakukan. Sapta menambahkan, dalam perjalanannya, Mandiri Jakarta Marathon telah mampu memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian Jakarta. Setidaknya, dalam setiap perhelatan Mandiri Jakarta Marathon selalu terjadi peningkatan hunian kamar hotel sekitar 20%. Selain itu, Mandiri Jakarta Marathon juga memiliki dampak signifikan pada laju perekonomian masyarakat Jakarta, terutama pada sektor transportasi dan kuliner.
Arief Yahya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia mengakui, Mandiri Jakarta Marathon yang terbukti mampu menghadirkan ribuan pelari mancanegara merupakan salah satu agenda utama kegiatan wisata olah raga di Indonesia. Sport tourism merupakan salah satu sektor pariwisata teratas yang mampu mendatangkan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Sementara itu Ndang Mawardi, CEO Inspiro, promotor&Organizer Mandiri Jakarta Marathon mengungkapkan  “Selain beberapa tambahan fasilitas live streaming, virtual run, dan peluncuran theme song, MJM tahun ini menjadi istimewa mengingat besarnya perhatian dan dukungan para pihak untuk menjadikan MJM sebagai salah satu ajang lomba marathon terbaik di kawasan Asia, sejalan dengan tekad sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018” ***

 

 

 

 

 

Tag Facebook
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Makin Mudah Saja ke Danau Toba, Batik Air Akan Terbang ke Silangit

Tag Pariwisata, Jakarta- Maskapai Batik Air akan segera terbang ke Bandara Silangit dari Bandara Internasional ...

Share