Home » Pariwisata » Kunjungan Wisatawan Mancanegara 2018 Capai 95% Target

Kunjungan Wisatawan Mancanegara 2018 Capai 95% Target

Tag Pariwisata, Jakarta –Banyak prestasi dan tantangan yang telah dilalui Kementerian Pariwisata demi mencapai target kunjungan wisatawan hingga 17 Juta tahun ini.

Meski angka target itu sulit dilampaui karena berbagai sebab, paling tidak perolehan devisa pariwisata tahun ini mencapai US$ 17,6 miliar atau di atas target dari kunjungan 16,2 juta kunjungan wisman dengan ASPA (Average Spending per Arrival) atau rata-rata pengeluaran per kunjungan sebesar  US$ 1.100/wisman.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata Jakarta, Kamis (20/12).

“Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia tahun 2018 diproyeksikan sekitar 16,2 juta wisman atau sekitar 95% dari target yang ditetapkan sebesar 17 juta wisman,“ kata Menpar Arief Yahya.

Tantangan yang cukup besar tahun ini sebagai faktor tidak tercapainya target kunjungan wisman adalah musibah gempa bumi di Lombok pada Agustus lalu yang mengakibatkan terjadi cancellation besar-besaran lebih dari 75%. Tercatat  Agustus hingga Desember 100.000 wisman gagal berkunjung ke Bali Lombok.

Untuk pergerakan wisatawan nusantara tidak menjadi masalah. Target tahun 2018 sebanyak 270 juta wisnus  telah dilampaui tahun lalu dan capaian tahun ini diperkirakan akan menembus 275 juta yang artinya target 2019 telah dilampaui tahun ini.***

Tag Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Patut Dicoba! Ngopi di Belitung yang Legendaris di Kedai KongDjie

Tag Pariwisata, Belitung- Kopi paling legendaris di Belitung yakni KongDjie tidak pernah sepi dari pengunjung. ...