Home » Pariwisata » Kereta Bandara Adi Soemarmo Ditargetkan Beroperasi Tahun 2018

Kereta Bandara Adi Soemarmo Ditargetkan Beroperasi Tahun 2018

Tag Pariwisata, Solo – Bila kereta api bandara Soekarno Hatta siap beroperasi Mei 2017, Bandara Adi Soemarmo Solo pun segera  terhubung dengan kereta bandara.

Disela pertemuan dengan Direktur Utama PT.KAI (Persero) Edi Sukmoro dan Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di Stasiun Balapan Solo (27/12), Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengutarakan bahwa pembangunan kereta api bandara Adi Soemarmo akan selesai dan beroperasi pada tahun 2018.

Rencananya dalam tiga bulan ke depan, pembangunan kereta api bandara antara Solo Adi Soemarmo akan mulai dibangun konstruksinya. “DED (Detail Engineering Desain) sudah diselesaikan PT.KAI dan kita harapkan dalam tiga bulan bisa mulai untuk konstruksinya,” jelas Menhub.

Pembangunan kereta api bandara Adi Soemarmo dengan jarak tempuh kurang lebih 10 km ini akan menggunakan dana kolaborasi antar BUMN. “Kelembagaannya ada pada tiga BUMN yaitu PT. PP, PT. KAI dan Angkasa Pura 1,” tambah Menhub.

Saat ini tiga BUMN telah melakukan studi untuk menentukan lokasi yang akan digunakan untuk jalur kereta bandara.

Diberitakan sebelumnya bahwa tiga jalur kereta api akan dibangun di Solo. Tiga jalur tersebut merupakan  lintas Solo dari Purwosari ke bandara melalui Gembongan dan Kartasura. Kemudian, lintas Solo dari Purwosari ke bandara melalui Gembongan.

Ketiga, jalur lintas Solo ke bandara melalui stasiun baru di Kalioso, Kabupaten Sragen, yang akan terkoneksi dengan Stasiun Solo Balapan.

Bicara mengenai investasi, Budi Karya mengungkapkan  pembangunan kereta api bandara Adi Soemarmo berkisar 1 triliun. Tahap awal pembangunan disiapkan untuk single track kemudian dilanjutkan untuk double track.

Dalam pengoperasiannya akan dibentuk juga anak perusahaan dari ketiga BUMN tersebut.***

 

Tag Facebook
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Solo Great Sale Dibuka, Sebulan Penuh Wisatawan Bisa Belanja dengan Diskon Hingga 80%

SOLO — Kementerian Pariwisata menyambut baik ajang tahunan Solo Great Sale (SGS) tahun 2018 yang ...

Share