Home » Pariwisata » Keliling Indonesia, Cari Tahu di Pameran Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara

Keliling Indonesia, Cari Tahu di Pameran Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara

Tag Pariwisata, Jakarta- Sebagian besar wilayah Indonesia sesungguhnya punya daya tarik wisata. Kalau liburan Anda di dalam negeri hanya itu itu saja, kesempatan jelajah wilayah lain kalau perlu mengelilingi Indonesia sangat mungkin. Carilah infonya di pameran Gebyar Wisata Nusantara (GWBN) yang tahun ini digelar hingga hari ini 13 Mei 2018, sejak tanggal 10 Mei lalu di Hall A, Jakarta Convention Center. Akan jelas kemana baiknya tujuan wisata Anda liburan tahun ini, setelah menjelajahi 500 destinasi Indonesia yang dipamerkan 70 peserta di GWBN ini.

Tidak hanya menjual paket secara komersil, yang ditampilkan para pengelola tempat wisata, hotel, dan biro perjalanan, namun seluk beluk budaya, destinasi, kuliner khas Indonesia dari berbagai wilayah juga lengkap dipamerkan oleh Dinas Pariwisata pemerintah kabupaten/kota juga provinsi. Begitu juga paket liburan Hari Raya Idul Fitri dan liburan sekolah yang sebulan lagi akan tiba, dijual dengan harga khusus di GWBN ini.

Potensi wisata daerah lain yang belum sempat ‘hits’ sangat banyak,  sehingga potensial untuk dipromosikan sebagai alternatif tujuan wisata selain destinasi favorit yang sudah familiar bagi masyarakat seperti Bali, Yogyakarta, Bandung dll. Nah melalui pemeran inilah masyarakat dapat mengetahuinya. Kementerian Pariwisata pun mengakui peran penting kegiatan promosi wisata semacam ini. ” Saya memberikan apresiasi pada penyelenggaraan GWBN yang telah memasuki tahun ke-16. Pameran ini dapat mempertemukan kepala dinas pariwisata pemerintah provinsi, kota, dan kabupaten dari seluruh Indonesia dan pelaku bisnis pariwisata,” kata Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asdep Pemasaran I Regional II Sumarni ketika membuka pameran GWBN 2018 di di Hall B Jakarta Convention Center (JCC), Jumat siang (11/5).

Promosi ini juga sesungguhnya  mendukung target 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 270 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air. Pameran ini juga menjadi bagian mempromosikan strategi Kemenpar  yakni Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018 dengan program hot deals, Calender of Even (CoE) Wonderful Indonesia, dan digital destination. Semua strategi itu untuk mengejar target angka kunjungan wisatawan tadi.

Direktur PT Wahyu Promo Citra, Syukur Sakka, sebagai penyelenggara pameran mengatakan, GWBN merupakan satu-satunya pameran wisata di Indonesia yang menampilkan objek wisata daerah seperti alam, budaya, dan wisata buatan sebagaimana yang telah menjadi program Kemenpar dalam menarik kunjungan wisatawan. “GWBN dimulai tahun 2003 dan dalam perjalanannya hingga kini mengalami pasang-surut.

Selama berlangsung pameran juga diselenggarakan temu bisnis ‘Jakarta Asita dan HPI Members Ghatering and Table Top’ yang mempertemukan peserta pameran dengan agen perjalanan wisata dan para pramuwisata sebagai ujung tombak dan mesin penggerak kunjungan wisatawan ke berbagai objek wisata.

Penyelenggaraan GWBN 2018 dimeriahkan dengan pameran 50 foto dari 2.531  foto yang ambil bagian  dalam lomba fotografi Kemilau Indonesia Photo Contest yang diselenggarakan oleh Forum Wartawan Pariwisata.  Foto yang dipamerkan pada kesempatan itu diantaranya merupakan pemenang satu, dua, dan tiga serta nominasi dalam ajang lomba tersebut. ***

Tag Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ini Jadwal Penerbangan Garuda Indonesia yang Dibatalkan Akibat Erupsi Merapi

Tag Pariwisata, Jakarta-Sehubungan dengan peningkatan aktivitas erupsi Gunung Merapi dan sesuai perpanjangan “Notification to Airman/Notam” ...