Home » Pariwisata » Investor China Siap Investasi di Morotai Hingga Rp. 130 Triliun

Investor China Siap Investasi di Morotai Hingga Rp. 130 Triliun

Salah satu pesona Morotai yang memikat investor hingga Rp. 130 triliun. (Tp/Ist)

Salah satu pesona Morotai yang memikat investor hingga bersedia menanamkan dana hingga Rp. 130 triliun. (Tp/Ist)

Tag Pariwisata, Jakarta- Investor China yang bergerak di bidang travel and tourism dengan 60 hotel bintang di China, dua pekan lalu telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk membangun 300 kamar hotel dalam tempo 1 tahun dan 100 villa di atas tanah seluas 100 hektare untuk pemulaan. Hal tersebut diungkapkan Chairman PT Jababeka Darmono pada kesempatan Launching Calender of Event Wonderful Morotai Island Festival (CoE WMIF) 2017 di Balairung Gedung Sapta Pesona, Kantor Kemenpar, Jumat (21/4).

“Mereka  ini terkenal mendatangkan banyak turis asal China ke seluruh dunia,” katanya.

Selain itu, juga akan dibangun satu villa khusus untuk presiden di lahan seluas 600 meter persegi. Villa ini sudah dibuat di China komponennya segera dikapalkan menuju Morotai.

“Akan dikapalkan, sehjngga Juli nanti mudah-mudahan bisa ditinggali presiden dalam  pencanangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata di morotai,” kata Darmono.

Investasi yang digelontorkan  pada tahap pertama kurang lebih USD 100 juta atau setara Rp 1,3 triliun. Mereka berjanji menaikkan hingga menjadi USD 1 miliar atau setara Rp 130 triliun secara bertahap.

“Tentu, semua akan berjalan lancar kalau proyek pertama ini mereka merasa disambut dengan baik, didukung sepenuhnya, dan sukses mendatangkan wisman ke Morotai,” tambah Darmono.

Sementara itu , Kemenpar dan Kemenhub telah juga akan mendukung dengan memperpanjang runway atau landas pacu dan dilebarkan untuk memenuhi standar pesawat besar mendarat.

“Morotai mulai membenahi aksesbilitasnya dengan mengupayakan bandaranya menjadi bandara internasional, pembangunan homestay-nya juga sudah berjalan. Dan terakhir Atraksinya harus diperbanyak yang kelas dunianya,” jelas Menpar Arief Yahya pada kesempatan yang sama.

“Sebagai destinasi prioritas, target kunjungan wisman ke Morotai tahun ini sebanyak 11 ribu, ditargetkan akan meningkat menjadi 500 ribu pada 2019,” tukas Menpar Arief Yahya.***

Tag Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ini Tanggapan Kementerian Pariwisata Atas Peristiwa Bom di Surabaya

Tag Pariwisata, Jakarta-Menyikapi serentetan peristiwa bom di Surabaya dan Sidoarjo yang terjadi dari kemarin hingga ...