Home » Destinasi » “Internasional Toba Kayak Marathon” Akan Digelar Rutin di Toba Samosir

“Internasional Toba Kayak Marathon” Akan Digelar Rutin di Toba Samosir

Kayak danau kelak akan menjadi atraksi wisata olah raga baru di Danau Toba dengan digelarnya Internasional Toba Kayak Marathon mulai tahun ini.

Kayak danau kelak akan menjadi atraksi wisata olah raga baru di Danau Toba dengan digelarnya Internasional Toba Kayak Marathon mulai tahun ini. Foto: Ist

Tag Pariwisata, Tobasa Sumatera Utara- Akhirnya ‘International Toba Kayak Marathon’ akan digelar rutin. Gelaran pembuka akan dilaksanakan 28-30 Juli mendatang  di Balige-Marom-Situmurun, kawasan Danau Toba.

Sebelumnya kegiatan serupa belum pernah ada, sehingga penyelenggaraan International Toba Kayak Marathon Juli mendatang menjadi yang pertama di Indonesia, dan langsung ditetapkan masuk dalam Calender of Event 2017 Kabupaten Toba Samosir (Tobasa). Artinya setiap tahun kegiatan itu akan terus digelar dengan dukungan pemerintah daerah setempat.

Meski baru pertama kali, kegiatan ini langsung digelar bertaraf internasional dengan menghadirkan 200 Kayaker domestik dan mancanegara.

Mengusung tagline Kayaking on the Top of Super Volcano, event ini diyakini akan membawa Danau Toba kian mendunia. Selain itu Kayaking kelak akan menjadi ikon olah raga wisata air di danau Toba

Bupati Tobasa Darwin Siagian telah meminta instansi terkait (SKPD daerah) untuk saling mendukung dan berkomunikasi mensukseskan International Toba Kayak Marathon 2017. “Event ini harus diangkat menjadi event rutin dan dilaksanakan setiap tahun serta harus menjadi ikon sport tourism di Danau Toba, apalagi ajang ini belum ada di Indonesia, serta menjadi aktivitas rekreasi dan olahraga pada setiap kesempatan,” katanya setelah menerima audiensi penggagas acara Komunitas Paddles Sumatra dan Jurnalis Pariwisata Online di Balige (26/1/17).

Sementara itu Ketua Komunitas Paddler Sumatra, Charles Simson Panjaitan mengatakan event ‘International Toba Kayak Marathon 2017’ layak dilaksanakan di Danau Toba karena kondisi danau yang relatif tenang, panorama yang indah dan diharapkan dapat mengangkat perekonomian masyarakat melalui kontribusi industri pariwisata.

Dukungan untuk suksesnya acara ini nanti akan melibatkan swasta juga, selain pemerintah daerah. “Ajang ini sudah masuk Calender of Event Tobasa 2017 dan sudah diteruskan ke Kementerian Pariwisata, kita berharap Kementerian Pariwisata, Badan Otorita Danau Toba dan Sektor swasta akan turut membantu dan mensukseskan terlaksananya event ini,” ungkap Ultri Simangunsong, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tobasa di kesempatan yang sama.

Baca juga: Ekspedisi Kayak Danau, Promosikan ‘Muara Kayak Marathon 2017

Kegiatan pendamping untuk meramaikan acara juga telah disiapkan berupa Bazaar, lomba foto, dan aneka hiburan lainnya. Sehingga kegiatan ini akan ramai tidak hanya dari Kayaker peserta marathon tapi juga masyarakat sekitar dan wisatawan baik dalam maupun luar negeri yang sengaja datang untuk menyaksikan event ini.

Solu, alat transportasi khas masyarakat sekitar Danau Toba. Foto:Riyanthi Sianturi

Solu, perahu yang kerap digunakan masyarakat sekitar Danau Toba. Foto:Riyanthi Sianturi

Sebenarnya kayak serupa dengan ‘solu’ armada transportasi yang telah menjadi tradisi masyarakat di sekitar Danau Toba. Nah ‘solu’ yang dimodernisasi, dalam bentuk kayak dan dilombakan dalam kemasan  event ini tentu akan membawa manfaat bagi warga lokal dari aspek ekonomi dan SDM misalnya dalam hal  kepedulian terhadap kebersihan dan pelestarian daerah wisata kawasan danau Toba***

Tag Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Makin Mudah Saja ke Danau Toba, Batik Air Akan Terbang ke Silangit

Tag Pariwisata, Jakarta- Maskapai Batik Air akan segera terbang ke Bandara Silangit dari Bandara Internasional ...