Home » Pariwisata » Ini Alasan Ajang Anugerah Media Humas 2017 Beri Dua Penghargaan untuk Kementerian Pariwisata

Ini Alasan Ajang Anugerah Media Humas 2017 Beri Dua Penghargaan untuk Kementerian Pariwisata

Menjelajah bagaimana membuat web interaktif,  membuat pengunjung betah singgah di stand Kementerian Pariwisata. (TP/Ist).

Tag Pariwisata, Palembang – Dua penghargaan bergengsi bidang kehumasan pemerintah diraih Kementerian Pariwisata, pada ajang Anugerah Media Humas (AMH) 2017 yang berlangsung di Novotel Hotel Palembang, Kamis malam (23/11).

Penghargaan itu adalah Terbaik Pertama untuk kategori Penerbitan Media Internal (Inhouse Magazine) dan sebagai Terfavorit untuk Stand Pameran dalam kegiatan Humas dan Layanan Publik Expo 2017 yang berlangsung pada tanggal 21 -23 November 2017 di Palembang Sport and Convention Centre (PSCC), Kota Palembang.

Ajang AMH adalah rangkaian kegiatan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Bakohumas (Badan Koordinasi Kehumasan Masyarakat). Kegiatan itu telah memasuki tahun ke-12,  untuk memberikan apresiasi sekaligus menjadi tolak ukur kinerja bidang hubungan masyarakat (Humas) lembaga pemerintah.

Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kemenpar M. Iqbal Alamsjah
mengatakan, penghargaan yang diraih Kemenpar dalam ajang AMH 2017 mengalami peningkatan dibandingkan pada AMH 2016 di Bandung, saat itu memperoleh dua penghargaan yakni juara pertama untuk kategori Profil Lembaga Humas dan kategori Cinderamata Utama. “Ajang AMH tahun ini persaingannya sangat ketat diikuti 176 peserta dan hanya melombakan 4 kategori, sedangkan tahun lalu ada 7 kategori,” kata M. Iqbal Alamsjah usai menerima trophy dan piagam penghargaan AMH 2017.

Di kategori media internal Majalah Ragam Pesona menjadi terbaik pertama mengalahkan inhouse magazine Kementerian Keuangan sebagai juara dua, yang tahun lalu dan sudah beberapa kali menjadi juara satu. Kini tampilan majalah Ragam Pesona lebih elegan, kekinian, lebih menggugah pembaca berwisata karena aspek lifestyle juga diangkat di dalamnya. Majalah ini jadi tampak trendy dan mengaburkan image bahwa majalah internal instansi pemerintah biasanya tampilannya tidak update dan isinya juga normatif.

Majalah Pesona Indonesia kini tampil elegan, memiliki magnet bagi pembaca. (TP/Ist)

“Kebanggaan selanjutnya adalah stand Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kemenpar menjadi Stand Terfavorit. Tahun lalu hanya juara harapan dua,” ungkap Iqbal Alamsjah.

Dipilihnya stand Kementerian Pariwisata sebagai yang terfavorit cukup beralasan. Sekitar 1.200 pengunjung yang telah berinteraksi  di stand Kementerian Pariwisata sangat antusias mengikuti sajian berkait pariwisata, kuliner, dan media interaktif digital, yang memang merupakan materi yang sedang “demam” di era digital saat ini.

Kegiatan coaching clinic dengan aneka tema berkait kehumasan yang update dan pas buat generasi ‘Jaman Now’ menjadi sebab pengunjung menjadikan stand ini favorit. Seperti belajar membuat berita, membuat vlog yang menarik, mempelajari website interaktif. Materi coaching terkait pariwisata seperti travel fotografi juga sangat diminati pengunjung.

Demo make up oleh selebgram menjadi perhatian pengunjung wanita khususnya. (TP/Ist)

Tidak hanya itu, selebgram yang punya penggemar khusus juga diundang meramaikan stand pameran dalam bentuk  meet and greet menghadirkan Selebgram Ayu Indriati. Di kesempatan itu Ayu berbagi pengalaman menjadi seleb di media sosial dan langsung mempraktekan tutorial make up.

Demo kuliner ini juga membuat penasaran pengunjung pameran. (TP/Ist)

Meski berkait kehumasan tidak melulu hal yang serius disajikan dalam stand. Demo masak (kuliner) dan bartender jadi menarik perhatian. Apalagi ada kesempatan mencicipi racikan yang telah ditunjukkan proses pembuatan sebelumnya oleh mahasiswa Pariwisata Palembang jurusan F & B.

Aneka souvenier, games puzzle, dan satu lagi ruang kaca untuk swafoto,  jadi target pengunjung menghabiskan waktunya di stand Kementerian Pariwisata. ***

Tag Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ini Aneka Acara Hari Ini yang Mungkin Pas Anda Sambangi

Tag Pariwisata, Jakarta -Bagi yang masih merasakan “I don’t like Monday” jangan pesimis dulu. Ini ...