Home » Gaya Hidup » Ini 8 Tips Memilih Moda Transportasi Laut

Ini 8 Tips Memilih Moda Transportasi Laut

Tag Pariwisata, Jakarta – Terjadinya musibah terbakarnya kapal MV Zahro Express di perairan sebelah selatan Pulau Bidadari kemarin (1/1/17) seolah memberi ‘alarm‘ akan kondisi keselamatan alat transportasi di tanah air.

Menyikapi hal tersebut, berikut tips memilih dan menggunakan alat transportasi laut yang tepat, aman, dan nyaman yang dihimpun tim Tag Pariwisata dari berbagai sumber.

1. Kumpulkan aneka informasi mengenai alat transportasi yang hendak digunakan. Reputasi perusahaan pengelola transportasi  sebaiknya diperhatikannya.

2. Bila ada pilihan biaya transportasi, tidaklah perlu menjadikan ‘murah’ sebagai prioritas. Pertimbangan keselamatan adalah utama daripada biaya.

3. Pelabuhan yang teratur dan steril dari pihak yang tidak berkepentingan juga jadi pertimbangan. Sebab hal tersebut menjadi salah satu indikasi positif pengelolaan pendukung keselamatan transportasi laut.

4. Cek dan hanya gunakan kapal motor (KM) yang layak pakai, berizin, dan menyertakan alat keselamatan antara lain  (life jacket), pelampung, sekoci penyelamat, alat pemadam kebakaran.

5. Berkait daya tampung kapal, bila dicurigai kelebihan muatan sebaiknya konfirmasikan ke petugas bahkan urungkan niat untuk menggunakan alat transportasi tersebut.
6. Bila mungkin dan budget memadai akan lebih baik mencarter kapal cepat (speedboat) atau kapal pesiar modern (yacht) yang tentu berfasilitas lebih nyaman dan dilengkapi perlengkapan keselamatan yang memadai.

7. Perhatikan kondisi cuaca saat akan melakukan perjalanan juga kondisi gelombang laut. Tidak perlu memaksakan bila memang kondisi tersebut tidak mendukung.

8. Akan lebih lengkap lagi bila tersedia asuransi perjalanan yang difasilitasi perusahaan transportasi. ***

 

Tag Facebook
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ini Cerita 25 Tahun Kebersamaan Pelanggan MacDonalds yang Penuh Kesan

Tag Pariwisata, Jakarta – Bagaimana pelanggan bisa begitu setia pada satu brand dan mampu mengisahkannya ...

Share