Home » Budaya » Ini 6 Dearah di Indonesia yang Rayakan Imlek Paling Heboh

Ini 6 Dearah di Indonesia yang Rayakan Imlek Paling Heboh

Tag Pariwisata, Jakarta- Gong Xi Ga Cai! Bila suasana Imlek di tempat Anda tidak terasa karena sepi-sepi saja rasanya, tunggu dulu! Beberapa daerah di tanah air,  tampak gemerlap dengan lampion dan aneka even  digelar meriah, bahkan karena sudah rutin digelar, acaranya ditunggu masyarakat setempat.

Dari sekian banyak perayaan Imlek 2017, yang paling meriah, semarak, heboh dan sohor adalah di daerah ini:

Parade tatung merupakan atraksi paling menarik di Singkawang dan telah mendunia. Foto:cycloscope

Parade tatung merupakan atraksi paling menarik di Singkawang dan telah mendunia. Foto:cycloscope

1. Singkawang, ada yang khas pada rangkaian perayaan Imlek di daerah ini sehingga banyak orang meyakini, di daerah inilah perayaan Imlek paling meriah di Indonesia. Selain pertunjukan Barongsai, ular naga, keranjang jelangkung atau Choi lam Shin dan yang paling istimewa yakni atraksi tatung yang akan digelar 11 Februari. Tatung yang telah dimasuki roh leluhur akan mempertunjukan kesaktiannya, antara lain kebal ditusuk dengan senjata tajam, mengupas kelapa dengan gigi, dan pertunjukan lainnya yang mengundang kagum sekaligus kengerian. Acaranya digelar di kawasan pasar Hongkong Kota Singkawang Kalimantan Barat, yang biasanya dipadati wisnus juga wisman khusus menyaksikan atraksi ini.

2. Solo, kemeriahan perayaan Imlek begitu terasa sejak 17 Januari lalu, karena  gapura Imlek, lampion 12 karakter shio, dan 5 ribu lampion mulai dipasang di jalan Jenderal Sudirman dan Pasar Gede dan kelenteng Tien Kok Sie. Dan puncaknya adalah Grebek Sudiro yang dalam rangkaian acaranya mencatat rekor MURI kaligrafi Aksara Jawa sepanjang 500 meter.

Kemeriahannya belum berkesudahan karena berlanjut dengan Solo Imlek Fair yang menampilkan festival kuliner, panggung hiburan, barongsai, pernak pernik imlek. Tidak itu saja, pesta kembang api di Balai Kota Solo akan melengkapi Solo Imlek Fair. Terakhir perayaan Cap Go Meh akan digelar 11 Februari dengan Parade Barongsai di sepanjang jalan protokol Kota Solo dan di Pendopo Balai Kota Solo.
Bacajuga: http://tagpariwisata.com/grebek-sudiro-dan-solo-imlek-festival-2017-meriahkan-solo-hingga-akhir-januari

Digelar sejak tahu 2004, Pasar Imlek Semawis selalu ditunggu masyarakat sekitar Semarang.

Digelar sejak tahu 2004, Pasar Imlek Semawis selalu ditunggu masyarakat sekitar Semarang. Foto: seputar semarang

3. Semarang, kota ini terkenal dengan Pasar Semawis nya bila berhubungan dengan Imlek. Pasar Imlek Semawis sudah dilaksanakan sejak 24-27 Januari lalu. Pesta kuliner yang semarak  di sepanjang jalan Wotgandul Timur hingga gg Pinggir Semarang memang digelar setiap tahun saat perayaan Imlek. Semarak Cap Go Meh tahun ini akan diadakan 19 Februari di Kompleks Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Di sana kegiatan akan diisi dengan dakwah tokoh agama, dan hiburan seni disamping catatan pemecahan rekor MURI makan Lontong Cap Gomeh terbanyak di Indonesia.

Baca juga: http://tagpariwisata.com/?s=Semarang+imlek

4.Bogor, acara yang meriah dalam rangka perayaan Imlek 2017, siap digelar tanggal 11 Februari mendatang. Kegiatan ini paling mudah dijangkau untuk masyarakat sekitar Jabodetabek. Cap Go Meh Bogor Street Festival 2017 nama evennya, digelar di sepanjang jalan Suryakencana Bogor. Nantinya akan ada parade 2500 pawai dari berbagai komunitas Bogor dan Jakarta. Selain pertunjukan barongsai dan liong akan ada prosesi Sisingaan, kesenian Rampak Tambur, dan Sunda Calung. Semaraknya Parade itu sampai 1km panjangnya, bukan main meriahnya Bogor hari itu.

Festival perang air, kabupaten kepulauan Meranti, Imlek 2017,

Kalau di Thailand disebut Songkran, di Riau tepatnya di Selatpanjang Kabupaten Kepualaun Meranti disebut Perang Air. Foto:Ist

5. Meranti, kabupaten di Provinsi Riau ini agak berbeda dalam merayakan Imlek. Ada Festival Perang Air (FPA) yang dikenal sebagai Cian Cui di sana. Menariknya, pada hari itu baik tua maupun muda akan saling menyerang dengan air dalam kantong plastik, ember, gayung, dan aneka jenis pistol air. Mereka akan menyerang sekelompok orang yang akan lewat dengan becak motor dan telah dipersenjatai pula dengan alat yang sama untuk bertahan juga menyerang orang yang siap menunggu di pinggir jalan. Ratusan becak motor telah disiapkan untuk meriahkan Festival Perang Air ini. Pada kesempatan itu masyarakat etnis Tionghoa akan bergabung dengan etnis Melayu.

Nah, bila penasaran Anda bisa kunjungi Kabupaten Kepulauan Meranti tepat nya di Selatpanjang tanggal 28 Februari dimana acara itu akan digelar.

Baca juga:http://tagpariwisata.com/riau-akan-gelar-festival-perang-air-tradisi-imlek-unik-di-dunia/

6. Batam, perayaan Imlek di kotaa ini digelar di Nagoya. Tahun ini digelar selama 3 hari  dengan istilah yakni Ciu yi (Imlek pertama) Ciu Ji (Imlek kedua) Ciu Sha (Imlek ketiga). Yang beda perayaan Imlek 2017di Nagoya akan disemarakkan dengan kembang api, 8 barongsai dan satu naga, selain tampilan budaya Nusantara yang digabung dengan adat Tionghoa. ***

Tag Facebook
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Grebek Sudiro dan Solo Imlek Festival 2017 Meriahkan Solo Hingga Akhir Januari

Tag Pariwisata, Solo –Grebeg Sudiro, perayaan perpaduan atraksi budaya masyarakat Tionghoa-Jawa, akan digelar bersamaan dengan ...

Share