Home » Pariwisata » Fun Run 5K “Road to Sail Sabang” Ajak Masyarakat Ramaikan Sail Terbesar Tahun Ini

Fun Run 5K “Road to Sail Sabang” Ajak Masyarakat Ramaikan Sail Terbesar Tahun Ini

Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menjelaskan persiapan Sail Sabang yang akan digelar mulai pekan depan pada kesempatan acara Fun Run 5K ‘Road to Sail Sabang’ di Senayan Minggu (19/11). (TP/Ist)

Tag Pariwisata, Jakarta- Sebagai rangkaian kegiatan mempromosikan Sail Sabang, Fun Run 5K “Road to Sabang Sail” digelar di area Car Free Day Jakarta, Minggu (19/11).

Sail Sabang merupakan rangkaian dari Sail Indonesia seri ke-9 yang diluncurkan pertama kali di Bunaken tahun 2009. Sail Sabang ini akan digelar 28 November sampai 5 Desember di Teluk Sabang dan Gampang resort. Puncak acaranya akan digelar 2 Desember di Sabang Fair, Kota Sabang, Aceh.

Sail Sabang kali ini disebut  Sail yang terbesar dari yang pernah ada. Sebanyak 170 yacth dari 50 negara akan hadir meramaikan acara, menghadirkan 6 sampai 7 ribu wisatawan dimana sekitar 1500 diantaranya merupakan wisman. Kapal latih Dewa Ruci dan Bima Sakti, Kapal Pemuda Muslim akan sandar di Sabang untuk memeriahkan acara. “Biasanya hanya satu kapal Dewa Ruci saja yang hadir di kesempatan Sail lain, yang ini beda ada kapal Dewa Ruci. Presiden Jokowi pun direncakan hadir membuka acara,” ungkap Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah selaku Ketua Panitia Daerah pada kesempatan yang sama.

Melalui acara ini harapannya masyarakat Jakarta bisa hadir dalam rangkaian Sail Sabang. “Mari datang ke Sabang, masyarakatnya ramah siap menyambut wisatawan dengan alamnya yang asri di wilayah paling barat Indonesia,” katanya.

Menyinggung persiapan acara yang sudah final, WiFi yang menjadi bagian dari kebutuhan penting untuk mendukung acara ini sudah tersedia. Sarana dan prasarana juga sudah memadai dan telah disiapkan setahun yang lalu. Transportasi juga siap, Pelni  memberangkatkan kapal cepatnya secara reguler selama 7 hari seminggu. Untuk penerbangan  ada Garuda dan Wings Air.

Sabang masyarakatnya heterogen dan sejak tahun 1980 sudah berkultur ‘tourism‘ sehingga ke depan yang diperlukan hanya menjaga dan memonitor. Kenaikan jumlah wisatawan rata-rata sekitar 46% pertahun sejak tahun 2016. Bahkan tahun depan diperkirakan peningkatan wisatawan menembus angka 200%. Hal tersebut disebabkan oleh persepsi Aceh yang kian baik. Biasanya wisatawan asing yang banyak ke Sabang berasal dari Australia, Malaysia  dan Singapura. Melalui event-event inilah berita mengenai Aceh akan lebih baik lagi. Aceh aman, damai dan terbuka di tengah penerapan hukum syariah. ” Tetap ada jalan tengah dalam penerapan syariah Islam di Aceh dan pariwisata. Karena pariwisata juga tetap menghargai kearifan lokal,” jelas Nova.

Nah tantangan ke depannya diakui Nova di Sabang adalah akomodasi yang belum memadai. Home stay yang ada saat ini telah disewa penuh, harapannya tahun 2018 dan 2019 investasi pada akomodasi kian mulai tumbuh.  Selain itu tantangan lainnya adalah  bagaimana event-event itu bisa mensejahterakan rakyat Aceh.

Pada kesempatan Fun Run ” Road to Sail Sabang 2017″ itu beberapa artis ibukota asal Aceh datang mendukung acara ini. Beberapa komentar mereka yang berdarah Aceh seperti ini mengenai Sabang.

Tengku Zaki artis pemain sinetron  “Saya disadarkan akan Sabang yang cantik dan pantas jadi tujuan wisata di Indonesia dengan Sail Sabang yang mendukung. ”

Nova Eliza pemain sinetron, ” Sabang itu pulau indah, di Banda Aceh banyak pantai bersih dan kesadaran masyarakat meningkat akan pentingnya menjaga Aceh bersih, aman.”

Teuku Edwin presenter,” Sangat berbeda melihat Aceh dulu dan sekarang. Dulu takut kunjungi aceh, kini tidak. Seorang biker kalau belum ke titik nol belum sah jadi biker. Dengan event ini silahkan riding.” ***

 

 

 

 

Tag Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ini Tanggapan Kementerian Pariwisata Atas Peristiwa Bom di Surabaya

Tag Pariwisata, Jakarta-Menyikapi serentetan peristiwa bom di Surabaya dan Sidoarjo yang terjadi dari kemarin hingga ...