Home » Budaya » Festival Pesona Bupolo 2016, Ajak Masyarakat ‘Ayo Main Ke Buru’

Festival Pesona Bupolo 2016, Ajak Masyarakat ‘Ayo Main Ke Buru’

Jakarta—Tarian perang Cakalele yang terkenal itu berasal dari Kabupaten Buru yang kini juga komit mengembangkan pariwisata. ‘Ayo main Ke Buru’ itulah tagline dari Dinas Pariwisata dan Kominfo Kabupaten Buru yang kini sedang digalakan.

Untuk mengajak masyarakat mengunjungi kabupaen ini, Sekretaris Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Ukus Kuswara bersama Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua me-launching Festival Pesona Bupolo 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Rabu (28/9).

Kabupaten Buru kini sedang  menyiapkan Danau Rana sebagai salah satu ikon wisata masa depan Bumi Bupolo sebutan lain dari Kabupaten Buru.  Peluncuran Festival Pesona Bupolo 2016  diharapakan mampu menggaungkan spot wisata disana termasuk Danau Rana itu.

Festival Pesona Bupolo 2016 akan berlangsung di Namlea, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku pada  8-12 Oktober 2016. Dengan even ini kunjungan wisatawan ke Maluku khususnya  ke Kabupaten Buru akan meningkat.

“Tahun ini Provinsi Maluku mentargetkan kunjungan 137.941 wisatawan (16.173 wisman dan 121.768 wisnus) dengan total nilai transasksi ekonomi sebesar Rp 377,3 miliar, sedangkan Kabupaten Buru mentargetkan  21.800 wisatawan (570 wisman dan 21.230 wisnus) nilai transaksi ekonomi sebesar Rp 30,3 miliar,” kata Ukus Kuswara.

Karena baru pertama kali digelar, menurut Wagub Zeth Sahuburua, kelak Festival Pesona Bupolo 2016 mampu menjadi calender of event tahunan nasional dan menjadi media efektif untuk mempromosikan pesona Danau Rana sebagai salah satu destinasi wisata nasional.

Festival Pesona Bupolo 2016 akan dimeriahkan dengan berbagai kegaitan; lomba huhate in the pool ; Bupolo expo; underwater photo contest; tranplantasi terumbu karang; festival papeda kuah ikan dan rujak; karnaval dan kirab budaya rakyat nusantara; festival layang-layang; panggayung manggurebe; gerak jalan indah;  parade tifan damang fafu/persembahan tarian sawat kolosal; makan patita; gosepa sail on Kaiely Bay; dan ditutup dengan acara pameran dan malam hiburan rakyat.***

 

Tag Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ini 6 Dearah di Indonesia yang Rayakan Imlek Paling Heboh

Tag Pariwisata, Jakarta- Gong Xi Ga Cai! Bila suasana Imlek di tempat Anda tidak terasa ...