Home » Gaya Hidup » “Cooking Class” Seperti Ini, Dorong Minat Masyakarat Mulai Usaha Bidang Kuliner

“Cooking Class” Seperti Ini, Dorong Minat Masyakarat Mulai Usaha Bidang Kuliner

Tag Pariwisata,Jakarta- Membuka usaha di bidang kuliner sekaligus menyelami bagaimana mendapatkan modalnya dikupas dalam kegiatan kreatif melalui workshop “Cooking Class for Business Kreasi Cheese Stick”. Acara yang digelar Forum Wartawan Lifestyle (FoWarLife) mengajak 50 peserta yang terdiri dari komunitas, ibu rumah tangga, pelajar, pegiat kuliner, dsb untuk membuat peluang bisnis khususnya dalam lini kuliner.

Kegiatan ini diharapkan mampu mengembangkan minat masyarakat yang ingin mencoba membuka bisnis masakan secara professional dalam skala kecil (UMKM) hingga menengah. Arahan bagaimana berbisnis untuk peserta yang ingin memulai bisnis terutama dari sisi permodalan juga dibahas dalam kesempatan itu menurut Ketua FoWarLife, Nina Karlita pada kesempatan itu Sabtu (4/5/19).

Sementara pada kesempatan yang sama Chief Sales Officer PT Modal Rakyat Indonesia, Hendoko Kwik, menjelaskan, “Para pelaku usaha rumahan bisa merintis bisnis mulai dari makanan ringan yang dijual secara online. Harapannya bisa berkembang menjadi bisnis yang lebih besar dengan adanya pengelolaan keuangan yang tepat. Bisnis tidak harus dimulai dengan modal yang besar, melainkan bisa juga bisa dimulai dari modal kecil,”.
 
Pada edukasi pentingnya mengelola keuangan dalam berbisnis, Hendoko menjelaskan Bahwa perusahaannya mendukung ibu-ibu dalam berkreasi buktinya telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sejak Juni 2018. Hingga saat ini lebih dari 10.000 pendana yang telah ikut berkomitmen dalam memajukan inklusi keuangan.
 
“Saat ini kami telah mendanai lebih dari 600 Peminjam dengan nilai penyaluran lebih dari Rp20 Miliar, dimana mencakup pada jenis bisnis di berbagai sektor seperti agen pulsa, perdagangan, IT, logistik, kesehatan, kelautan, otomotif, perikanan, dan lain-lain,” ungkapnya.
 
Hendoko menjelaskan lagi bahwa ke depan fokus dukungan pada UMKM adalah untuk memberikan sarana bagi peminjam dan pendana, khususnya pada peminjam yang memiliki bisnis pinjaman pada toko kelontong dan memperbanyak bisnis kuliner.Untuk mendorong pertumbuhan UMKM, tidak hanya usaha dengan nilai bisnis dengan omset yang besar. Justru Modal Rakyat fokus pada peminjam yang memiliki bisnis mikro, mulai dari pinjaman Rp500.000-Rp1.000.000.
 
Nina menambahkan, pada Cooking Class for Business kali ini yang mengangkat tema jajanan renyah (snack) yang banyak menjadi kegemaran camilan masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan dan usia, yakni Cheese Stick.
Cheese Stick atau stik keju adalah camilan khas yang menjadi kesukaan kita semua. Stik yang renyah dan memiliki rasa gurih khas keju ini sering hadir pada perayaan Idul Fitri.

“Dari resep dasar cheese stick, kami mencoba untuk mengembangkan snack ini dalam berbagai varian rasa, seperti cokelat, green tea, dan red velvet,’ ungkapnya.
Peserta dengan hampir seluruhnya wanita tersebut dibagi menjadi 10 kelompok dengan masing-masing kelompok @lima orang. Chef Imam Khojali selaku Executive Sous Chef Hotel Cosmo Amaroossa Jakarta mengajarkan para peserta membuat cheese stik yang renyah serta penyajiannya.

Kegiatan ini menarik dengan bernagai acara pendukung seperti berbagai games, door prize, lomba Instagram, dan pemberian hadiah bagi pemenang Cooking Class for Business Kreasi Cheese Stick.***
 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Filosofi Masakan Khas Tapanuli yang Perlu Anda Ketahui

Tag Pariwisata, Jakarta- Ketika Pesona Wisata Kuliner Nusantara 2017 digelar di Taman Mini Indonesia Indah ...