Home » Pariwisata » ‘Calender of Event Lombok-Sumbawa 2017’ Resmi Diluncurkan

‘Calender of Event Lombok-Sumbawa 2017’ Resmi Diluncurkan

Tag Pariwisata, Jakarta -Calender of Event Lombok-Sumbawa 2017 resmi diluncurkan  Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata (DBP3N Kemenpar) Esthy Reko Astuty bersama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Mohammad Faozal  di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar (16/12).

“NTB memiliki Mandalika sebagai kawasan resort kelas dunia yang ditetapkan sebagai satu di antara 10 destinasi prioritas atau ‘Bali Baru’ yang akan menarik kunjungan wisman dan wisnus. Diluncurkannya Calender of Event Lombok-Sumbawa 2017 merupakan upaya untuk mempromosikan destinasi Mandalika,” kata Esthy Reko Astuty.

Sementara itu Mohammad Faosal mengatakan bahwa launching Calender of  Event Lombok-Sumbawa  juga merupakan salah satu permintaan industri memasuki tahun 2017, sehingga memudahkan penjualan paket wisata lebih awal, lalu informasi paket lebih cepat sampai ke pasar yang dituju.

Tahun ini NTB punya  target 3 juta wisatawan, terdiri dari      1,5 juta wisman 1,5 wisnus.    Sisa waktu beberapa hari menjelang tutup tahun ini Mohammad Faosal menyatakan yakin target itu akan tercapai. “Trend nya sangat bagus, tingkat hunian rata-rata 75% dari 12.800 kamar hotel yang ada di Lombok dan Sumbawa,” katanya.

Pasar wisatawan domestik juga luar biasa tumbuh melalui berbagai aktifitas MICE. Kondisi itu ditambah dengan akan beroperasinya  4 hotel bintang 4 dengan rata-rata 250 kamar. Tercatat investasi di bidang pariwisata tahun 2016 ini berkisar 20% dan menjadi sektor dengan investasi terbesar. Sedangkan di Mandalika  bertepatan dengan HUT NTB tanggal 17 Desember Hotel Pullman akan mulai remsi dibangun.

Konektivitas ke Lombok juga bertambah. Hingga akhir  2016 terbuka penerbangan Kupang Lombok dan Solo Lombok  yang menjadi pasar baru.Untuk itu mulai (16/12) roadshow  industri  dilakukan ke Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta dan Denpasar.

Sebanyak 22 even pariwisata telah disusun. Event unggulan ini tersebar di 10 kabupaten dan kota NTB. Harapannya peluncuran Calender of Event Lombok-Sumbawa dapat mendukung  target kunjungan wisatawan optimis 4 juta atau target moderat 3,5 juta tahun 2017.

Sejumlah event pariwisata unggulan yang digelar di Lombok-Sumbawa pada 2017 antara lain; Lombok Sumbawa Great Sale (1 Januari-30 Januari); Pesta Rakyat Bau Nyale (Februari); Festival PesonaLawata, Festival Pesona Tambora (11-19 April), Lombok Sumbawa Pearl Ferstival (10-12 Juni), Bulan Pesona Lombok Sumbawa (18 Agustus-16 September); Festival Pesona Mentaram (21-23 Agustus); Festival Pesona Senggigi (16 September-19 September); Mandalika Tour D` Lombok (22-23 September); Festival Pesona Lakey, Festival Pesona Gili Indah (5-6 November); International Halal Travel Fair, danRinjani Golf Turnament (10 Desember).

Acara launching Calender of Event Lombok-Sumbawa 2017 dihadiri pejabat di lingkungan Kemenpar, DPR dari Dapil NTB, tokoh masyarakat NTB, bupati dan walikota se-NTB, industri pariwisata, serta masyarakat NTB di Jabodetabek. Pada kesempatan para pelaku bisnis (industri) pariwisata NTB menggelartable top dengan industri pariwisata DKI Jakarta.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Menpar Harapkan Dukungan Media Pulihkan Kondisi Pasca Bencana

Tag Pariwisata, Jakarta- Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berharap peran media massa untuk turut serta ...