Home » Pariwisata » Belitung Bersiap Menuju Destinasi Favorit Wisman

Belitung Bersiap Menuju Destinasi Favorit Wisman

Tag Pariwisata, BELITUNG –  Sebagai wujud komitmen menjadikan Belitung  destinasi wisata untuk wisatawan mancanegara (wisman) selain wisnus ( wisatawan Nusantara), adalah  dibukanya penerbangan internasional dari Singapura ke bandara H.A.S Hanandjoeddin Tanjung Pandan, secara reguler empat kali dalam seminggu.

Konektivitas Belitung – Singapura yang hanya 45 menit ini harapannya akan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisman. Seperti diketahui wisman yang paling banyak berkunjung ke Belitung tahun 2017 adalah asal Korea sebanyak 1.911 orang, disusul wisman asal China 1.533 orang, lalu Malaysia 1.438 orang dan Singapura 905 orang.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Ir. Hermanto mengungkapkan, kehadiran penerbangan langsung Tanjung Pandan Singapura menambah optimis daerah untuk menggarap wisman.  ” Bahkan selain Garuda, penjajakan penerbangan reguler dari China juga akan dilaksanakan oleh Citilink. Namun masih tahun depan,” katanya pada kesempatan rapat persiapan Festival Geopark di Belitung, Kamis (15/11).

Untuk menjaga agar penerbangan luar negeri ini berkelanjutan, pemerintah pusat dan daerah terus melakukan  dukungan antara lain melakukan berbagai promosi. Selain itu menurut Hermanto pemerintah daerah telah menyarankan agar harga tiket pesawat tidak  terlalu tinggi. Tiket murah diharapkan menjadi daya tarik tersendiri. Begitu juga tour operator diharapkan menjual paket tour yang terjangkau.

Selain penerbangan langsung, ditetapkannya pulau Belitung sebagai salah satu Geopark Nasional dan kini dalam persiapan mendapat penetapan UNESCO Global Geopark (UGG), tentu akan lebih mudah menggaet wisman. Penetapan itu sangat penting karena kekhasan geologi yang unik dan penting di tingkat global, akan menjadi alasan wisman berkunjung ke Belitung.

Dukungan lain seperti akomodasi dan restauran di Belitung juga sudah cukup memadai. Di Belitung kini ada 64 hotel , dengan lebih dari 3600 kamar, 17 Biro Perjalanan Wisata, 13 Desa Wisata, dan 104 homestay telah siap menyambut kunjungan wisman.

Sementara itu pada pembukaan Festival Tanjung Kelayang, di hari yang sama Anggota Tim 10 Destinasi Tim Percepatan Prioritas Kementerian Pariwisata, Larasati Setyaningsih menambahkan bahwa atraksi seperti Festival Tanjung Kelayang yang berlangsung 15-19 November ini harus diperbanyak. “Coba setahun ada 52 Minggu buatlah 52 event paling tidak dalam setahun untuk menarik wisatawan, ” katanya.

Selain itu fasilitas kebutuhan dasar di tujuan wisata untuk wisman harus ada dan distandarisasi, seperti toilet, sarana ibadah dll. Jaminan asuransi juga harus disiapkan untuk beberapa fasilitas yang beresiko terhadap keselamatan wisatawan. Larasati berharap standarisasi fasilitas itu bisa rampung  sebelum asesor UGG datang sekitar  Mei tahun depan.

“Inilah hasil kerja Tim Percepatan Prioritas Kemenpar menjadikan Belitung tujuan wisata bukan hanya untuk wisnus tapi juga favorit untuk wisman. Selain telah mendorong terwujudnya penerbangan reguler internasional Singapura-Tanjung Pandan, selanjutnya kini dalam persiapan mendukung ditetapkanya Belitung sebagai salah satu Geopark dunia, ” pungkas Larasati. ***

 

 

Tag Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ke Belitung, Jangan Dilewat Cicipi Menu Khasnya di Restoran Ini

Tag Pariwisata, BELITUNG- Makanan khas seafood yang kaya rasa dan pas di lidah kebanyakan orang ...