Home » Pariwisata » Begini Keseruan Pembukaan Asian Para Games 2018

Begini Keseruan Pembukaan Asian Para Games 2018

Tag Pariwisata, Jakarta – Kesempatan Pembukaan Asian Para Games 2018 yang ditunggu masyarakat Indonesia telah usai setelah digelar semalam di stadion utama Gelora Bung Karno,Sabtu  (6/10). Kali ini aksi memukau Presiden Jokowi juga tidak kalah seru dari pembukaan Asian Games 2018 lalu. Semalam Presiden Jokowi turun dari arena Kepresidenan untuk bergabung bersama siswa penyandang disabilitas Bulan Karunia Rudianti dan atlet panahan Abdul Hamid di tengah upacara pembukaan Asian Para Games 2018.

Presiden, Bulan, dan Abdul Hamid kemudian menembakkan panah, menghancurkan huruf-huruf DIS, pada kata DISABILITY yang tersusun. Huruf-DIS itu jatuh bersamaan dengan tembakan pyro dari atap, sehingga terbentuk lah kata ABILITY yang memancar eemasan menerangi Stadion Utama Gelora Bung Karno.
Ability, jika diterjemahkan berarti kemampuan, merepresentasikan komunitas disabilitas yang mampu menembus segala keterbatasannya.
Tembakan pyro semakin menegaskan ajakan untuk menerima perbedaan kemampuan yang dimiliki setiap manusia, meninggalkan yang negatif dan mulai bergerak ke arah persatuan dalam keberagaman.

Itu baru satu aksi pertunjukan dalam upacara pembukaan Asian Para Games 2018 dengan tena “We Are One”, perwujudan dari Bhinneka Tunggal Ika.
We Are One” adalah kisah tentang bangsa yang memiliki keberagaman dalam darahnya. Indonesia, tanah keberagaman, di mana perbedaan tak hanya diterima tapi dirayakan. Dari satu, lahir beragam karya. Dari keberagaman, lahir persatuan.

Wayang raksasa menyalakan api kaldron secara simbolik menandakan Asian Para Games 2018, ajang olahraga atlet disabilitas paling bergengsi di Asia, resmi dimulai, Sabtu malam.

Terakhir lagu Kemenangan yang dinyanyikan Maudy Ayunda, Once Mekel, Vidi Aldiano, Armand Maulana, Sheryl Sheinafia, Zara Leola, Claudya Fritsca, Lesti, Regina Poetiray dan diiringi  seluruh pemeran menutup gelaran Pembukaan Asian Para Games 2018.

Pertunjukan dibawah arahan Jay Subyakto itu melibatkan 849 pemeran, dengan rincian 2.606 peran dan 40 peran dengan disabilitas, serta iringan musik nan indah dari Andi Rianto dan kostum memukau karya Chitra Subyakto.

Asian Para Games Jakarta 2018 merupakan perhelatan ketiga setelah digelar pertama di Guangzhou tahun 2010 dan di Incheon tahun 2014.***

Tag Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Promosikan Wisata Belitung, Festival Tanjung Kelayang 2018 Resmi Dibuka

Tag  Pariwisata, Belitung- Masyarakat Belitung mulai hari ini hingga 19 November mendatang siap menyambut kunjungan ...