Home » Destinasi » Banyak Peluang Usaha Dukung Pariwisata di Gunung Kidul

Banyak Peluang Usaha Dukung Pariwisata di Gunung Kidul

Tag Pariwisata, Gunung Kidul – Semarak pariwisata di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta membuka peluang besar utamanya bagi pengusaha lokal.

Untuk itu pemerintah setempat mendorong upaya kemandirian dan peran serta mengembangkan pariwisata seperti diungkapkan Bupati Gunung Kidul Badingah di Gunung Kidul (25/12).

“Kami berharap pengusaha asli Gunung Kidul menangkap peluang meningkatnya pariwisata,” katanya. Ia menjelaskan lebih lanjut seperti dikutip Antara, bahwa salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan adalah membuka kuliner atau membuat oleh-oleh khas Gunung Kidul. Sehingga wisatawan tidak hanya berkunjung tetapi juga bisa membawa pulang oleh-oleh khas.

“Peluang ini semakin terbuka, harus bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, terutama kalangan muda,” tambahnya.

Menyinggung soal modal, Badingah mengatakan sangat dimungkinkan   sinergitas di antara para pengusaha, saling sharing dan juga bisa bangkit bersama dan melayani wisatawan dengan ramah dan berbudaya.

Nah peran dimaksud tentu diharapkan dari pengusaha muda yang memanfaatkan peluang, sehingga bisa meningkatkan perekonomian wilayah setempat.

Salah satu contoh nyata telah dilakukan kaum muda adalah pemilik Walang Kaos Gunung Kidul, Kendra. Dia mengungkapkan pihaknya menggandeng empat pengusaha kaos yang ada di Gunung Kidul dengan membuka toko di jalur menuju objek wisata Gua Pindul diharapkan bisa menjadi arena berburu kaos khas Gunung Kidul, sehingga berwisata ke Gunung Kidul lebih berkesan.

“Dengan ini pengusaha lokal bisa terus berdaya dan bisa ikut berpartisipasi mandiri dan tidak hanya menjadi penonton perkembangan pariwisata,” katanya.

Ia mengatakan di toko yang dibangun bersama ini sudah ada empat pengusaha kecil kaos yang bergabung. Di sana kaos dengan berbagai desain menarik sesuai dengan selera dan kemampuan kantongnya.

“Kami juga menggandeng pemandu wisata, pelaku wisata sehingga bisa meramaikan usaha baru yang digagas anak-anak muda potensial di Gunung Kidul,” katanya. ***

Tag Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Makin Mudah Saja ke Danau Toba, Batik Air Akan Terbang ke Silangit

Tag Pariwisata, Jakarta- Maskapai Batik Air akan segera terbang ke Bandara Silangit dari Bandara Internasional ...