Home » Pariwisata » AirAsia Bakal Terbang Langsung Empat Kali Seminggu ke Silangit dari Kuala Lumpur

AirAsia Bakal Terbang Langsung Empat Kali Seminggu ke Silangit dari Kuala Lumpur

Tag Pariwisata, Jakarta- Semakin bertambah saja jumlah penerbangan ke Silangit dari luar negeri. Baru Oktober tahun lalu rute perdana penerbangan dari luar negeri ke Silangit dimulai, yakni dari Singapura. Nah,  Oktober mendatang dipastikan  AirAsia akan terbang ke Silangit dari Kuala Lumpur.

Rencananya penerbangan langsung itu akan dilakukan empat kali dalam seminggu dari Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA2), Malaysia ke Bandara Silangit di Tapanuli, Sumatera Utara, Indonesia, mulai 28 Oktober 2018.

Rute baru tersebut diumumkan pada konferensi pers di Jakarta, Kamis (2/8) yang dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan; Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Pramintohadi Sukarno, dan juga Staf Khusus Menteri Bidang Pariwisata Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Judi Rifajantoro, beserta CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes; Executive Chairman Grup AirAsia Berhad dan Co-Group CEO AirAsia X, Datuk Kamarudin Meranun, dan CEO Grup AirAsia di Indonesia, Dendy Kurniawan.

” Indonesia tentu bukan hanya Bali ada Danau Toba yang juga indah harus dibuka aksesnya demi mendukung pemerintah Indonesia mencapai target kunjungan wisatawan manca negara, ” kata Fernandes, CEO Grup AirAsia

Dia mengungkapkan juga bahwa tim program berkelanjutan AirAsia akan bekerja sama dengan otoritas dan komunitas lokal untuk menjaga keindahan alami Danau Toba melalui inisiatif ramah lingkungan. Selain itu rencananya akan ada  program pemberdayaan masyarakat untuk mendukung komunitas lokal.

“Sudah sejak lama kami ingin membawa wisatawan dari seluruh dunia untuk mengunjungi Danau Toba melalui hub kami di Kuala Lumpur dan kami mengapresiasi upaya pemerintah Indonesia yang telah membangun infrastruktur yang baik guna meningkatkan kunjungan wisatawan, ” katanya lagi.

Sebelum adanya Silangit, wisatawan harus menempuh sekitar 6 jam jalan darat untuk mengunjungi Danau Toba dari Medan. Sekarang, mereka dapat terbang langsung ke Silangit dan mencapai Danau Toba hanya dalam satu jam.

Selain membangun bandara baru, pemerintah Indonesia dinilai serius mengembangkan beberapa objek wisata prioritas termasuk Danau Toba. Selain itu, revitalisasi Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi terminal maskapai hemat biaya (LCC) menambah dukungan pemerintah agar masyarakat melakukan perjalanan dengan biaya murah. Itulah salah satu alasan dukungan AirAsia pada pariwisata di Indonesia melalui pembukaan rute Silangit Kuala Lumpur.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Pandjaitan, menyambut baik peluncuran rute baru tersebut. Ia yakin layanan baru ini akan meningkatkan kedatangan wisatawan ke Danau Toba, yang telah dinyatakan sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas Indonesia.

“Saya ingin berterima kasih kepada AirAsia karena meluncurkan layanan penerbangan dari Kuala Lumpur ke Silangit. Kami sedang meningkatkan fasilitas di Bandara Silangit dan memperpanjang landasan dari 2.650 meter menjadi 3.000 meter. Kami juga memperluas apron dan bangunan terminal untuk mengakomodasi lebih banyak pesawat dan penumpang. Kami harap rute baru ini akan bermanfaat bagi ekonomi dan komunitas lokal,” kata Luhut lagi.

Selain Silangit, AirAsia juga terbang ke lima belas tujuan lain di Indonesia yaitu Jakarta, Lombok, Pekanbaru, Surabaya, Bali, Medan, Padang, Semarang, Banda Aceh, Pontianak, Yogyakarta, Palembang, Bandung, Makassar dan Solo. ***

 

Tag Facebook
x

Check Also

Ini Aneka Acara Hari Ini yang Mungkin Pas Anda Sambangi

Tag Pariwisata, Jakarta -Bagi yang masih merasakan “I don’t like Monday” jangan pesimis dulu. Ini ...